Artikel

Uji Coba Desa Wisata Tihingan

12 Desember 2021 14:54:34  Administrator  28 Kali Dibaca  Berita Desa

Pada tanggal 10 s/d 12 Desember Tahun 2021 telah dilaksanakan Uji Coba Desa Wisata di Desa Wisata Tihingan. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Pemerintah Desa Tihingan dengan Direktorat Kemitraan Global ( Institut Tekhnologi 10 November Surabaya ). Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa asing dan lokal ITS Surabaya.

Para wisatawan tinggal selama 3 hari, 2 malam dengan bermalam di homestay milik warga Desa Tihingan. Adapun kegiatan yang dilakukan para wisatawan selama melakukan kunjungan pariwisata yaitu Pemberian Wellcome Drink yang dilanjutkan dengan acara Opening yang dilakukan di Kantor Desa Tihingan dan dibuka langsung oleh Bapak Perbekel Desa Tihingan I Wayan Sugiarta, setelah itu para wisatawan disuguhkan dengan makanan dan minuman tradisional khas Tihingan yang dimasak langsung oleh Tim Kuliner Desa Wisata Tihingan.

Di sore hari para wisatawan diajak untuk menikmati suasana pedesaan dengan melaksanakan Trecking di Kawasan Wisata Tempek Enjung kemudian mengikuti persentasi pembuatan canang sari dan kelakat di Bali Subak Pau, setelah itu di malam hari dilakukan sarahsehan bersama pemilik homestay.

Keesokan harinya para wisatawan diajak jogging ke Pantai Lepang, selanjutnya melakukan kunjungan sekaligus ikut terlibat dalam pembuatan Gambelan Tradisional Bali di Prapen (Tempat Pembuatan Gambelan) milik Warga Desa Tihingan. Setelah itu wisatawan diajak mengunjungi Sanggar Tari dan Tabuh Panji Ulangun Santhi Desa Tihingan untuk Belajar Menari dan Menabuh. Usai kegiatan di sanggar para wisatawan mengunjungi Rumah Budidaya Madu Kele, dan lanjut mengunjungi Prapen Kuno yang ada di Pura Dalem Gede Desa Tihingan. Pada malam hari dipersiapkan acara Gala Dinner yang bertempat di Balai Banjar Gede Dusun Penasan dengan menyajikan berbagai macam Tarian dan Hiburan Tradisional Lainnya.

Pada pagi hari terakhir, para wisatawan melaksanakan kegiatan olah raga di homestay masing – masing, lalu breakfast, dan persiapan Check Out dari Desa Wisata Tihingan.

Dengan adanya kegiatan Uji Coba Desa Wisata ini, sebagai bukti bahwa Desa Wisata Tihingan siap menerima Kunjungan Wisata selanjutnya. Pokdarwis Desa Tihingan berharap agar Desa Wisata Tihingan semakin berkembang demi Kesejahteraan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Pengaduan Online

Peta Desa

Statistik Penduduk

Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online

Aparatur Desa

Back Next

Info Media Sosial

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:16
    Kemarin:330
    Total Pengunjung:106.292
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:54.224.133.198
    Browser:Tidak ditemukan

Komentar Terbaru