"Om Swastiastu"

Selamat datang di website resmi Desa Tihingan. Semoga dapat menyajikan informasi kepada masyarakat.

Perbekel Desa Tihingan

I Nyoman Suartika,SS

Bupati Suwirta Hadiri Puncak Karya di Pura Puseh Desa Tihingan

  • 05 November 2017
  • Dibaca: 340 Pengunjung
Bupati Suwirta Hadiri Puncak Karya di Pura Puseh Desa Tihingan

Bertepatan dengan rahina Rediter Wage Kuningan, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, menghadiri puncak karya Mamungkah, Ngenteg linggih Padudusan Agung Caru Melaspas lan mendem pedagingan di Pura Puseh desa pakraman Tihingan,Kecamatan Banjarangkan, Minggu (5/11). Kehadiran Bupati Nyoman Suwirta yang didampingi Ny. Ayu Suwirta disambut para prajuru adat dan ratusan pengempon pura puseh Desa Pekraman 

Pada puncak karya ini digelar prosesi matetangi banten sumping keladi dan mepeselang yang dipuput oleh Ida Pedanda Gde Putra Tembau dari Gerya Aan bersama Ida Buda dari Gerya Wanasari, Sidemen Karangasem, Ida Pedanda Gede dari Gerya Kulon Aan .

Rangkaian karya sudah dimulai sejak 23 Agustus 2017 yang diawali dengan Matur Pakeling di Pura Puseh dan pura Khayangan Tiga serta prosesi nyukat genah. 
 
Karya Mamungkah, Ngenteg linggih Padudusan Agung Caru Melaspas lan mendem pedagingan di Pura Puseh desa pakraman Tihingan ini merupakan jenis upacara besar dalam kelompok Dewa Yadnya yang dilaksanakan serangkaian telah selesainya renovasi beberapa bangunan pura seperti bale piyasan, tembok penyengker dan pewaregan

Secara filosofis karya seluruh rangkaian upacara dilaksanakan untuk penyucian kembali bangunan bangunan baru pura buana agung dan buana alit. Tidak kalah pentingnya karya ini juga dimaksudkan memohon kerahayuan jagat. “ Pelaksanaan karya ini kami laksanakan secara swadaya, dilandasi semangat gotong royong dan ketulusan,masing masing KK yang berjumlah 201 dikenakan  iuran sebesar Rp2,5juta ” ujar Bendesa Adat Desa Tihingan Made Soma Wandita.

 
Sementara itu Bupati Suwirta menyambut positif semangat warga dalam melaksanakan yadnya. Ia berharap semangat gotong royomg itu agar terus dipupuk untuk dikemudian hari. Sebagai wujud srada bakti, usai melaksanakan persembahyangan bersama, Bupati Suwirta juga menyerahkan punia kepada bendesa desa Tihingan.

Turut hadir dalam upacara tersebut Camat Banjarangkan  Ida Bagus Ketut Mas Ananda  dan undangan lainnya.

  • 05 November 2017
  • Dibaca: 340 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita